Fluke mewawancarai sebuah pabrikan terkait dengan kebocoran udara. Pabrikan ini benar-benar membantu menjaga roda perniagaan bergerak. Sebagai salah satu pabrikan aftermarket peralatan servis roda terkemuka di dunia, perusahaan ini mendesain, membangun, dan memasarkan produk dengan mereka tepercaya dan ternama.

Banyak proses pabrikan ini bergantung pada udara bertekanan untuk menjalankan sekitar 400 alat dalam pabrik seluas 13.935 meter persegi—semuanya berasal dari kompresor bertenaga 200 horsepower. “Kami menggunakan udara bertekanan di semua tempat di pabrik ini—untuk perkakas pneumatik, las robot, pemotong laser, dan peralatan cat serbuk,” kata presiden pabrikan ini. Dari udara bertekanan muncul kebisingan dan—kebocoran udara.

Mengendalikan pemborosan energi

Kebocoran udara menyebabkan peralatan yang digerakkan udara bertekanan bekerja lebih keras, menyebabkan energi terbuang. Kemungkinan kebocoran udara di pabrik semakin meningkat dengan adanya peralatan lama yang terkumpul selama beberapa dekade terakhir dari berbagai konsolidasi pabrik. Mendengarkan kebocoran udara bisa sangat sulit di lingkungan yang berisik, jadi kebanyakan aktivitas deteksi kebocoran dilakukan setelah jam kerja.

“Biasanya kami menunggu hingga gedung menjadi sangat sunyi—saat pergantian shift atau penghentian operasi untuk pemeliharaan dan kami hanya mencoba mendengarkan kebocoran udara sebagai yang kami bisa,” ujar supervisor pemeliharaan. “Kami juga memakai botol-botol air sabun untuk menyemprot area yang kemungkinan bocor dan mencari gelembung.” Metode semprot dan lihat ini mengharuskan anggota tim pemeliharaan cukup dekat dengan kemungkinan kebocoran untuk mendengarkannya dan menyemprotkan larutan tersebut ke area yang benar.

Metode lain untuk menemukan kebocoran udara bertekanan adalah menggunakan detektor kebocoran ultrasonik. Metode ini memerlukan personel yang sangat terlatih dan cukup banyak waktu yang diperlukan untuk menemukan semua kebocoran. Kebocoran kecil bisa cukup sulit didengar telinga manusia, dan tidak semua kebocoran berada di area yang mudah diakses. Hal ini bisa menjadi tugas yang merepotkan.

Lihat suara yang tidak bisa Anda dengar

Saat Fluke mendekati pabrikan ini untuk menguji Fluke ii900 Sonic Industrial Imager, yang dapat menunjuk kebocoran dengan tepat dari jarak 50 meter di lingkungan yang berisik, mereka awalnya sedikit ragu tetapi sangat senang mencobanya.

Pengujian ini melibatkan kepala pemeliharaan dan teknisi pemeliharaan, yang saling berganti sepanjang delapan jam, menyurvei kebocoran di seluruh pabrik dengan dua ii900 Sonic Industrial Imagers. ii900 memungkinkan teknisi melihat suara saat mereka memindai selang, fitting, dan koneksi untuk mendeteksi adanya kebocoran. Hasil survei kebocoran mereka mengejutkan tim manufaktur.

Mereka menemukan sekitar 143 kebocoran—baik besar dan kecil—dalam satu hari kerja.

“Saya tidak yakin dengan beberapa kebocoran yang ditemukan alat ini, jadi saya menyemprot titik-titik tersebut dengan air sabun dan yakin bahwa alat ini benar, memang ada kebocoran di tempat alat ini mendeteksinya,” kata teknisi pemeliharaan.

Manajer pemeliharaan sangat terpukau oleh kemampuan ii900 dalam menemukan kebocoran bahkan yang terkecil sekalipun. “Kebocoran kecil sangat sulit ditemukan,” katanya. “Saya tahu ada beberapa kebocoran yang ditemukan ii900 yang tidak akan pernah ditemukan dengan menyemprotkan air sabun. Kami menemukan satu kebocoran pada jalur udara di ruang pengecatan yang tidak dapat kami rasakan dengan meletakkan tangan di sekitarnya atau mendengarnya, tetapi jelas kebocoran itu sudah ada selama beberapa lama.”

Array akustik bawaan mikrofon sensitif yang kecil pada ii900 menghasilkan spektrum tingkat desibel per frekuensi. Berdasarkan output ini, algoritme menghitung gambar suara, yang dikenal sebagai SoundMap™, yang ditempatkan di atas gambar visual. SoundMap secara otomatis disesuaikan, tergantung tingkat frekuensi yang dipilih sehingga kebisingan bisa difilter. SoundMap diperbarui pada layar 10 hingga 20 kali per detik.

Deteksi kebocoran udara jarak jauh

Tim ini juga cepat menemukan kebocoran di jalur udara yang berada di atas ketinggian 7,9 meter.

“Saya terpukau dengan betapa mudahnya mengambil Fluke sonic imager dan berjalan di lorong memindai area di atas kepala dan dengan sangat cepat menemukan kebocoran,” ungkap manajer pemeliharaan.

Selain membantu menemukan kebocoran yang sulit terdeteksi, tim manufaktur percaya ii900 menawarkan potensi besar untuk menghemat waktu dan biaya. “Setelah kami menemukan dan memperbaiki sebagian besar kebocoran untuk pertama kali, kami mungkin bisa melakukan tindak lanjut dan memindai keseluruhan pabrik dalam sekali giliran kerja delapan jam.” Ini akan membantu menghemat biaya lembur karena mereka bisa memindai kebocoran udara selama giliran kerja normal alih-alih setelah jam kerja.

Hal ini juga akan menghemat energi dan memperlambat keausan pada peralatan. “Kebocoran udara menghabiskan banyak uang perusahaan,” jelas manajer pemeliharaan. “Kebocoran sangat sulit ditemukan sehingga sulit untuk mengarahkan tim pemeliharaan ke titik yang tepat. Kemampuan untuk mengambil foto kebocoran dengan Fluke sonic imager dan mengirimkannya ke tim pemeliharaan sebagai bagian dari perintah kerja menjadi fitur yang sangat bernilai. Kami rasa hal ini akan menghemat banyak uang bagi kami—baik dalam biaya tenaga kerja dan energi.”