Kebocoran udara terkecil sekali pun dapat menyebabkan terbuangnya produk, pemborosan energi, dan hilangnya waktu produksi—terutama untuk lini produksi yang tidak dapat berfungsi tanpa udara bertekanan untuk menjalankan alat dan prosesnya.

Jika tekanan udara terkompresi tidak mencukupi agar peralatan berfungsi optimal, hasilnya akan memakan banyak biaya. Semakin banyaknya kebocoran dalam sistem, semakin keras kompresor bekerja memberikan udara ke peralatan, yang artinya tidak optimal untuk kompresor tersebut. Peningkatan kebocoran ini menaikkan risiko jumlah udara terkompresi yang tidak mencukupi untuk alat dan perlengkapan proses.

Kebocoran udara bertekanan juga meningkatkan biaya energi. Menurut Departemen Energi AS, sebuah kebocoran sebesar 1/8” (3 mm) dalam jalur udara bertekanan dapat menyebabkan biaya naik hingga $2.500 setahun.

Partner setia dalam deteksi kebocoran udara

Bagaimana Anda tetap mampu mengontrol kebocoran udara dengan banyaknya prioritas lain yang Anda pikirkan? Itulah pertanyaan yang akhirnya terjawab oleh produsen peralatan berat terdepan saat mereka menemukan mitra baru dalam deteksi kebocoran udara.

Pabrik ini menggunakan antara 3058 dan 4417 m3/jam udara bertekanan setiap harinya. Volume udara bertekanan tersebut menjalankan hingga 200 alat torsi per lini, sekaligus proses yang bertanggung jawab untuk memindahkan lembaran besar baja setengah inci dan posisi komponen. Jika satu jalur memiliki kebocoran, hal ini dapat memengaruhi produksi dan meningkatkan pemborosan energi. Dan itu hanya satu kebocoran…

Saat Fluke menawarkan peluang untuk mencoba Fluke ii900 Sonic Industrial Imager yang baru kepada perusahaan ini, mereka langsung menerimanya. Jajaran mikrofon kecil super sensitif ii900 mendeteksi suara dalam rentang pendengaran manusia dan rentang ultrasonik, bahkan lebih unik lagi, memungkinkan pengguna benar-benar melihat suara.

“Mampu memvisualisasikan tempat masalah berada menambahkan dimensi lain,” ungkap manajer pemeliharaan perusahaan tersebut. “Anda bisa mengidentifikasi rangkaian, fitting, atau selang yang terdampak. Dapat menunjukkan asal kebocoran degan tepat di gambar itu yang sangat menarik.”

ii900 dapat memindai secara visual area yang luas dari jarak hingga 50 meter (164 kaki), mempercepat deteksi kebocoran di pabrik dan secara signifikan mengurangi jumlah jam yang dihabiskan pada tugas tersebut.

Suatu hari nanti, kami dapat menemukan dan memperbaiki 30 atau 40 kebocoran hanya dalam beberapa jam,” ungkap sang manajer. “Ditambah lagi, kami dapat menggunakan ii900 selama jam produksi, ketika di sini sangat ramai dan tetap bisa memotret kebocoran di tingkat perakitan hingga 6 atau 9 meter.”

Memindai kebocoran tanpa memengaruhi produksi adalah keunggulan besar produsen. Kami tidak pernah berpikir memeriksa kebocoran udara saat produksi karena kami tidak bisa mengosongkan lorong dan mengeluarkan orang-orang untuk pergi dan melihat kemungkinan kebocoran,” ujar sang manajer. “Sekarang, kami bisa berdiri di pinggir lapangan dan memindai saluran udara di atas, sementara pengangkut-pengangkut dan orang-orang berlalu-lalang di bawahnya. Kami tidak memengaruhi pekerjaan mereka, tentu saja itu lebih baik bagi semua orang.”